5 Feb 2008

Coban Pelangi

Coban (air terjun) Pelangi ini bagian dari suguhan pemandangan yang indah di Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru. Setelah disuguhi pemandangan kebun apel di Poncokusumo dan sebelum sampai di Ngadas ada air terjun ini, tapi turun ke bawahnya cukup curam. Harus siap fisik kalau ngga mau kecapekan pulang ke atasnya! Walaupun capek, tapi seru juga lho . . . ! ! !

Letaknya sekitar 30 km lebih ke arah timur dari Kota Malang ke arah G. Bromo via Poncokusumo dan sekitar 2 km dari desa Gubuk Klakah Kecamatan Poncokusumo di kaki Gunung Semeru arah ke desa Ngadas.

Coban Pelangi merupakan salah satu wanawisata yang dikelola oleh Perum Perhutani KPH Malang, kawasan ini dikelilingi oleh Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TN BTS). Air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 30 m dan merupakan wisata alam yang masih yang masih belum di kelola sehingga semuanya masih alami, terletek di tengah hutan dan sebelah kanan kirinya ditumbuhi pohon-pohon pinus yang cukup lebat dengan suhu udara antara 190 - 230 Celcius dan termasuk dalam zona BTS.

Bagi para pendaki gunung Semeru, air terjun ini tidak asing bagi mereka, karena mobil jeep angkutan umum satu-satunya yang membawa mereka dari pasar Tumpang akan melewati lokasi ini.
Atau jika anda akan melakukan perjalanan dari Tumpang menuju ke gunung Bromo, sebelum masuk pertigaan jemplang (yaitu pertigaan menuju Gunung Semeru dan Gunung Bromo) disebelah kanan jalan ini akan terlihat jelas gapura bertuliskan air terjun Coban Pelangi (Djel)