27 Mar 2008

Jatim Park

Jatim Park adalah sebuah tempat rekreasi dan taman belajar yang terdapat di Kota Batu, Jawa Timur. Obyek wisata ini berada sekitar 20 km sebelah barat Kota Malang, dan kini menjadi salah satu icon wisata Jawa Timur. Obyek wisata ini memiliki 36 wahana, diantaranya kolam renang raksasa (dengan latar belakang patung Ken Dedes, Ken Arok, dan Mpu Gandring), spinning coaster, dan drop zone. Wahana pendidikan yang menjadi pusat perhatian diantaranya adalah Volcano dan Galeri Nusantara yang juga terdapat tanaman agro, diorama binatang langka, dan miniatur candi-candi.

Lokasi Jatim Park
Jawa Timur (Jatim) Park yang berlokasi di Jl. Kartika nomor 2 Batu ini menawarkan wahana rekreasi hiburan baru untuk segala usia.Mulai anak-anak, remaja hingga kakek nenek. Memang, obyek wisata ini dipersiapkan sebagai tempat wisata keluarga di Jawa Timur. Untuk menuju ke lokasi Jatim Park tidak terlalu sulit. Sebab, obyek itu hanya 2,5 kilo meter dari pusat Kota Batu. Didalam obyek wisata yang luasnya sekitar 22 hektare dengan ketinggian 850 meter diatas permukaan laut ini, menyimpan beraneka ragam pengetahuan, hiburan sebagai sarana bermain.


Jawa Timur Park boleh dikata obyek wisata paling beda di Jatim, karena selain menawarkan kepada wisatawan untul berekreasi juga sekaligus untuk kegiatan belajar. Karena kita akan mendapat pengetahuan baru selain hiburan. Hal ini bisa dilihat dari berbagai fasilitas yang disediakan Jawa Timur Park, terdapat sedikitnya ada 36 macam fasilitas yang bisa dinikmati pengunjung. Sebelum menikmati seluruh sarana hiburan, pada saat awal masuk lokasi akan diberi sajian berupa Galeri Nusantara. Setelah itu masuk ke Taman Sejarah yang berisi miniatur candi-candi miniatur di Jawa Timur seperti Candi Sumberawan(Singosari-Kabupaten Malang), rumah adat Kiai Hasan Besari Ponorogo dan Stupa Sumberawan.

Fasilitas lain yang bisa dinikmati adalah Taman Agro yang menyajikan tanaman dan buah-buahan langka, Animal Diorama, berisi binatang-binatang unik yang sudah diawetkan, sarana bermain seperti boling, lempar bola, disko skuter, food centre Ken Dedes dan Ken Arok. Dan masih banyak lagi.


Jawa Timur Park Science Center
Sejalan dengan upaya untuk turut berperan aktif dalam usaha mencerdaskan kehidupan bangsa, mengembangkan potensi perekonomian rakyat dan meningkatkan bidang pariwisata di Jawa Timur, PT. Bunga Wangsa Sejati mengembangkan sebuah obyek pariwisata yang memadukan secara serasi konsep pendidikan dan konsep pariwisata dalam satu ruang dan satu waktu agar masyarakat dapat lebih mengenal budaya bangsa, sekaligus menambah khasanah ilmu pengetahuan dan teknologi dengan mendirikan Jawa Timur Park pada lahan seluas 22 hektar, dengan jarak sekitar 5 kilometer dari pusat kota Batu.
Keberadaan Jawa Timur Park diharapkan dapat memberi peluang bagi peserta didik (mulai dari tingkat TK s/d SMU dan mahasiswa) untuk lebih mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang diperolehnya selama ini, dalam suasana rekreatif dan rileks. Diharapkan sekolah sebagai institusi utama yang mengemban upaya pencerdasan kehidupan bangsa dapat memanfaatkan Jawa Timur Park sebagai media pembelajaran luar kelas (outdoor activity) bagi peserta didiknya. Jawa Timur Park menyediakan berbagai fasilitas, baik yang bersifat rekreatif seperti Taman Bermain, Kolam renang, Rumah Sesat, dll. Maupun yang bersifat edukatif, antara lain Science Park, Agro Park, Reptil Park, Miniatur Candi, Baby Zoo, dan fasilitas pembelajaran lainnya.

Jawa Timur Park Science Center diresmikan oleh Menteri Negara Riset dan Teknologi –--pada waktu itu---, Ir. H. M. Hatta Rajasa, pada 2 Maret 2002 sebagai salah satu Pusat Peragaan Iptek (Puspa Iptek) di Indonesia. Jawa Timur Park Science Center merupakan suatu kawasan belajar yang terdiri dari 12 stand dengan luas sekitar 1000m2. Berisi alat-alat peraga IPTEK dan karya-karya teknologi inovatif. Di tempat ini siswa, mahasiswa, dan masyarakat umum dapat menyaksikan dan mencoba peragaan ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga diharapkan dapat memperluas wawasan, memperkaya pemahaman, mengapresiasi temuan-temuan teknologi, dan akhirnya diharapkan dapat mempercepat proses pemberdayaan ilmu pengetahuan dan teknologi, yang kelak menjadi unsur penguat dalam kompetitif antar bangsa.

Alat peraga yang terdapat di Jatim Park Science Center ini ada beberapa macam, diantaranya adalah : Lorong 1000 Bayangan, Kultur Jaringan, Aneka Model "Organ Tubuh Manusia", Bola plasma, dan Bola Bernaulli.
Kontributor Taman Belajar ini adalah :
1. Kementrian Riset dan Teknologi RI
2. TelkomDivisi Regional V Jatim
3. Unibraw Malang
4. Universitas Negeri Malang
5. Politeknik Negeri Malang
6. Pusat pengembangan Penataran Guru Teknologi(VEDC)
7. PT Pudak Scientific Bandung
8. Citra MIPA Malang
9. MI Malang I
10.Produsen Vacum Fryer Malang

Sumber: Up dates jawatimurpark-dot-com / Tyas S.A